Sabtu, 17 Oktober 2009

Macam-macam kekuasaan menurut French & Raven

Tugas Psikologi Manajemen

KEKUASAAN MENURUT FRENCH & RAVEN

Nama : Ardani

Npm : 10507022

Kelas : 3 PA 05

1. Coercive Power : Kekuasaan yang bersifat negatif atau kuasa dendaan. ini biasanya berbentuk hukuman.

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu anak buah yang menerima hukuman PUSH UP dari atasannya dan anak buahnya tersebut melaksanakan hukuman dari atasannya itu karena merasa takut apabila menentang atasannya tersebut. Perilaku yang dilakukan oleh anak buahnya itu masuk ke dalam teori Obedience yaitu perilaku yang didasarkan atas tuntutan dari seseorang secara langsung untuk melakukan sesuatu.

2. Insentif Power : Kekuasaan yang bersifat positif dan berdasarkan kemampuan untuk membagikan imbalan sebagai hadiah bagi orang lain dan tidak hanya berupa uang (tidak hanya bersifat materialistis)

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu Seorang karyawan kontrak di suatu perusahaan swasta yang prestasi kerjanya setiap tahun meningkat sehingga mendapatkan imbalan dari atasannya berupa kenaikan status menjadi karyawan tetap di perusahaan itu.

3. Legitimate Power : Kekusaan yang diterima hasil dari seseorang karena masuk ke dalam suatu organisasi & memiliki wewenang/sah.

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu Polisi lalu lintas yang menilang para pengguna kendaraan bermotor yang tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

4. Expert Power : Kekuasaan yang berdasarkan atas keahlian khusus atau pengetahuan yang dimiliki seseorang

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu Karena saya mengetahui bahwa Kakak saya memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang otomotif sehingga apabila ada keluhan pada motor saya, saya akan memberitahu Kakak saya tentang keluhan itu.

5. Refferent Power : Kekuasaan yang didapat berdasarkan atas kepemilikan sumber daya atau ciri pribadi yang dimiliki oleh seseorang.

Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu Para fans grup band SLANK rela untuk berjoget-joget sambil berteriak mengikuti alunan musik walaupun di bawah terik panas matahari demi idolanya itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar