Jumat, 09 Oktober 2009

Kekuasaan dapat mempengaruhi perilaku

Tugas Psikologi Manajemen

KEKUASAAN

Nama : Ardani

Npm : 10507022

Kelas : 3 PA 05

1. Wewenang merupakan unsur kekuasaan yang resmi dan memiliki tanda legitimasi.

· Contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari yaitu waktu saya telat datang praktikum psikodiagnostika lalu koordinator aslab praktikum tidak mengizinkan saya untuk mengikuti praktikum dikarenakan telat. Kemudian saya diberikan kesempatan untuk mengikuti praktikum di shift yang ke 2. Karena koordinator memiliki wewenang resmi dari pihak kampus sebagai koordinator praktikum maka ia berhak untuk mengizinkan saya mengikuti praktikum atau tidak. Mengetahui hal itu saya pun pulang ke rumah dan akan kembali ke kampus untuk mengikuti praktikum pada shift ke 2.

· Teori seperti ini masuk ke dalam teori psikologi sosial yaitu Obedience, perilaku obedience ini yaitu perilaku patuh karena adanya tuntutan dari pihak yang memiliki kekuasaan tertentu sehingga perilaku seseorang merespon karena adanya permintaan langsung atau tuntutan.

2. Paksaan, ancaman, ataupun tekanan merupakan unsur dari kekuasaan yang bersifat ilegal atau tidak resmi.

· Contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari yaitu waktu saya masih SD (Sekolah Dasar), saya bertemu dengan remaja yang jelas dari ukuran fisiknya lebih besar dari tubuh saya. Sewaktu itu saya sedang berjalan tiba-tiba remaja tersebut menghadang jalan lalu ia meminta uang (memalak) kepada saya. Karena saya takut dengan perilaku remaja tersebut saya pun memberikannya uang agar saya merasa aman dari gangguannya.

· Teori ini masuk dalam teori Obedience, karena remaja tersebut meminta (memalak) sebagai bentuk premanisme dan bersifat ancaman bagi diri saya.

3. Manipulatif merupakan unsur kekuasaan yang bersifat licik dengan cara menipu orang lain agar merasa tertarik.

· Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu seseorang yang ingin memiliki suatu pekerjaan namun ijazah akademik sebagai persyaratan tidak memenuhi sehingga mengambil jalan pintas dengan membeli ijazah palsu agar memenuhi syarat lalu bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya sehingga pihak perusahaan tempat dimana seseorang itu melamar akan menerimannya sebagai karyawan baru di perusahaannya tersebut.

4. Kerjasama merupakan unsur kekuasaan yang bersifat kelompok sehingga

mempermudah untuk merubah perilaku seseorang.

· Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu EO (event organizer) yang bekerja sama dengan pelanggannya untuk membuat konsep suatu acara yang ingin dibuat. Dengan bekerjasama akan merubah perilaku satu sama lain untuk keberhasilan acara tersebut.

5. Penilaian prestasi kerja meupakan unsur kekuasaan yang berdasarkan prestasi yang

dimiliki seseorang sehingga dapat mempengaruhi perilaku individu lainnya.

· Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu seorang atasan

yang memperhatikan kinerja bawahannya sehingga bawahannya tersebut

meningkatkan kualitas kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar