Selasa, 05 Oktober 2010

Tugas Psikologi Konsumen

Tugas Psikologi Konsumen

Nama : ARDANI

Kelas : 4 PA 05

NPM : 10507022


1. Apa yang anda ketahui Psikologi Konsumen & Perilaku Konsumen
- Psikologi konsumen adalah Suatu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang bagaimana membeli, mendeskripsikan, menggunakan suatu produk atau jasa yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang dengan baik dan benar sehingga dapat memperoleh kepuasaan psikologis bagi individu pengguna suatu produk atau jasa tersebut.
- Perilaku Konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Contoh : Si A sebelum membeli Minyak goreng dia menyileksi dulu setiap merk minyak goreng tidak langsung membeli. Misalnya Merk minyak goreng X di Toko Makmur 1 liter Rp 18.000 & minyak goreng X di Toko Sekar 1 liter Rp 18.050. Walaupun perbedaan kedua merk Minyak Goreng tersebut berbeda sedikit, Si A lebih memilih Minyak Goreng X di Toko Sekar yang harganya lebih Murah.
2. Perbedaan Konsumen, Konsumsi, Konsumtif , & Konsumelisme
- Konsumen : Individu pengguna barang atau jasa untuk kepentingan pribadi atau pun untuk orang lain. Contoh : Deni membeli Roti Sandwich untuk bekal di sekolah
- Konsumsi : Suatu tindakan menggunakan jasa, produk atau sumberdaya yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh : Deni memakan sandwich yang dia beli di toko.
- Konsumstif : Suatu sikap mengkonsumsi barang atau jasa secara berlebihan.
Contoh : Rina setiap melihat barang-barang lucu di mall selalu membelinya.
- Konsumelisme : Suatu Paham yang menjadikan individu mengkonsumsi hasil produksi dengan berlebihan secara sadar dan menjadi suatu kecanduan.
Contoh : Pecandu rokok berat.

3. Pengaruh Lingkungan terhadap perilaku konsumen
Lingkungan dapat mempengaruhi perilaku konsumen karena dengan lingkungan mempengaruhi keseluruhan masyarakat itu sendiri sehingga mempengaruhi perilaku konsumen masyarakat itu sendiri, misalkan lingkungan perairan (nelayan) yang masyarakatnya melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air seperti membeli jala/perahu untuk kegiatan mereka sehari-hari yaitu sebagai nelayan


DAFTAR PUSTAKA

http://organisasi.org/perilaku-konsumen-ringkasan-rangkuman-resume-mata-kuliah ekonomi-manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumsi
http://www.butikbella.co.cc/tag/konsumtif-adalah
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumerisme
http://www.scribd.com/doc/30285627/Pengaruh-Budaya-Terhadap-Perilaku-Konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar